Vegetarian, Antara Kebutuhan dan Pilihan

31 Jan 2011

Banyak diantara kita yang sudah tahu arti dari vegetarian. Vegetarian dalam arti luas yaitu praktek dimana kita tidak mengkonsumsi daging, ikan, unggas maupun semua jenis yang bersifat hewani. Disini saya saya tidak akan membahas tentang apa jenis-jenis vegetarian dan apa yang dimakan oleh vegetarian. Tapi disini saya akan bercerita tentang diri saya untuk menjadi seorang vegetarian.

Vegetarian buat diri saya merupakan suatu kebutuhan. Kenapa menjadi vegetarian menjadi kebutuhan buat saya? Ini dikarenakan saya menginginkan serat yang lebih banyak untuk tubuh saya. Sebelum menjadi Vegetarian, saya selalu mengkonsumsi daging dan sejenisnya setiap hari tanpa menggunakan sayuran sama sekali. Dan akibatnya, saya selalu kekurangan serat di dalam tubuh. Selain kekurangan serat didalam tubuh, juga banyaknya lemak yang saya timbun selama saya belum menjadi Vegetarian.

Karena apabila saya sudah mengkonsumsi daging, saya pasti akan sulit untuk menghentikan keinginanan atau nafsu untuk makan. Pengennya makan daging terus. Lama kelamaan terjadi perubahan yang drastis dari tubuh saya. Berat badan mendadak menjadi bertambah tanpa terkontrol. Bahkan saya sempat sering sakit-sakitan karena terlalu kebanyakan lemak.

Menjadi Vegetarian selain menjadi kebutuhan saya untuk kembali mejalani hidup sehat, menjadi vegetarian juga merupakan pilihan. Saya dihadapkan dengan pilihan sulit yaitu meninggalkan daging atau tetap mengkonsumsi daging. Karena efek buruk dan trauma apabila mengkonsumsi daging yaitu saya selalu lupa daratan. Akhirnya saya putuskan untuk menjadi Vegetarian.

Pada awalnya, sangatlah sulit untuk meninggalkan kebiasaan saya makan daging setiap hari. Tapi karena ini sudah merupakan pilihan untuk kebutuhan saya hidup lebih sehat, maka saya terus mencobanya. Dan saat ini sudah lebih dari 1 tahun saya menjadi Vegetarian. Banyak perubahan dalam tubuh saya. Saya yang selama ini bisa dibilang terlalu over berat badan, sudah mengalami banyak penurunan berat badan. Dan selama ini saya selalu dihadapkan dengan berbagai penyakit, lambat laun penyakit yang dulu sering mampir di tubuh saya lama-lama menghilang.

Orang menjadi Vegetarian ternyata bukan hanya pilihan saja. Namun juga menjadi kebutuhan orang itu apabila sudah memilih untuk menjadi Vegetarian. Menjadi Vegetarian tidaklah sulit untuk sekarang ini. Sudah banyak rumah makan, warung, ataupun tempat-tempat makan yang menyediakan menu untuk vegetarian. Membiasakan hidup sehat dengan menjadi Vegetarian juga banyak manfaatnya. Kalau tidak percaya, silahkan coba sendiri.


TAGS Vegetarian


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post